Thursday, October 23, 2014

System pengapian Transistor NPN POWER DARLINGTON

Membuat sendiri system pengapian transistor menggunakan BU931

Setelah sukses membuat Igniter menggunakan mosfet IRF460 kali ini saya mencoba untuk membuat Igniter / TCI menggunakan transistor BU931, setelah blusukan cari transistor di LTC harco glodok akhirnya nemu juga Transistor type ini, dan ternyata harganya jauh lebih mahal dibanding kan transistor jenis FET seperti IRF460. Transistor ini memang dirancang khusus untuk system pengapian kendaraan mengunakan transistor.
BU931 merupakan transistor jenis HIGH VOLTAGE IGNITION COIL DRIVER NPN POWER DARLINGTON

Bentuk transistor ini ada dua seperti pada gambar dibawah ini :


Berikut Skema Pengapian menggunakan Transistor BU931
Transistor BU931 dapat juga anda rubah dengan transistor jenis lain yang mungkin mudah di dapat di daerah anda misal TIP162 atau jenis transistor lain berjenis NPN , yang perlu diperhatikan adalah data teknis transistor tersebut.

Penampakan dengan menggunakan PCB bolong bolong





Dari hasil Tes pemakaian harian berhasil baik tinggal tes jalan kecepatan tinggi di TOL dan tanjakan.

Selamat Mencoba.

Jika ada kesulitan silahkan hubungi saya melalui :
WA : 0821 1287 5678 PIN BBM : D579A499

Skema Terbaru klik : TCI High Voltase

Tersedia TCI Komponen KIT ( TCI HiVolt 25A ) harga Rp. 100.000 per set ( Part bisa berubah sewaktu kaktu sesuai skema terbaru )
ORDER WA : 0821 1287 5678  - - - - -  PIN BBM : D579A499








Thursday, October 9, 2014

Membuat sendiri TCI menggunakan MOSFET

Membuat Sendiri Modul Pengapian TCI (Transistor Controlled Ignition)

Sistem pengapian ini hasil modifikasi dari sistem pengapian konvensional. Sistem pengapian semi transistor merupakan sistem pengapian elektronik yang masih menggunakan platina. Namun demikian, fungsi dari platina (breaker point) tidak sama persis seperti pada pengapian konvensional. Aliran arus dari rangkaian primer tidak langsung diputuskan dan dihubungkan oleh platina, tapi perannya diganti oleh transistor sehingga platina cenderung lebih awet  (tidak cepat aus) karena tidak langsung menerima beban arus yang besar dari rangkaian primer tersebut. Dalam hal ini platina hanyalah bertugas sebagai switch (saklar) untuk meng-on-kan dan meng-off-kan transistor. Arus listrik yang mengalir melalui platina diperkecil dan platina diusahakan tidak berhubungan langsung dengan kumparan primer agar tidak ada arus induksi yang mengalir saat platina membuka. Terjadinya percikan bunga api pada busi yaitu saat transistor off disebabkan oleh arus dari rangkaian primer yang menuju ke massa (ground) terputus, sehingga terjadi induksi pada koil pengapian.

Adapun cara kerjanya kurang lebih sebagai berikut : 

Apabila kunci kontak (ignition switch) posisi “on” dan platina dalam posisi tertutup, maka arus listrik mengalir dari terminal E pada TR1 ke `terminal B. Selanjutnya melalui R1 dan platina, arus mengalir ke massa, sehingga TR1 menjadi ON. Dengan demikian arus dari terminal E TR1 mengalir ke terminal C. Selanjutnya arus mengalir melalui R2 menuju terminal B terus ke terminal E pada TR2 yang diteruskan ke massa. Akibat dari kejadian arus listrik yang mengalir dari B ke E pada TR2 yang diteruskan ke massa tersebut menyebabkan mengalirnya arus listrik dari kunci kontak ke kumparan primer, terminal C, E pada TR2 terus ke massa. Dengan mengalirnya arus pada rangkaian primer tersebut, maka terjadi kemagnetan pada kumparan primer koil pengapian.

Apabila platina terbuka maka TR1 akan Off dan TR2 juga akan Off sehingga timbul induksi pada kumparan - kumparan ignition coil yang menyebabkan timbulnya tegangan tinggi pada kumparan sekunder. Induksi pada kumparan sekunder membuat terjadinya percikan bunga api pada busi untuk pembakaran campuran bahan bakar dan udara.

Mobil-mobil modern sekarang ini hampir semuanya menggunakan sistem TCI (induksi) yang secara digital dikendalikan oleh komputer, bukan CDI (Capasitive Discharge Ignition). Dijaman dulu, TCI ditrigger oleh magnetic pulser yang diposisikan didalam distributor atau delco dengan tanpa diolah oleh sistem komputer.

Merubah sistem pengapian dari Platina ke TCI dengan trigger platina, modifikasinya sangat simpel tanpa merobah struktur platina .....

Dengan memindahkan switching platina sebesar 5 ampere ke sebuah semikonduktor (Power Transistor) maka beban platina akan dialihkan hanya untuk memicu atau mentriger sebuah basis dari transistor penerima sinyal sebesar beberapa miliwatt saja. Selain itu semikonduktor mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan platina konvensional, yaitu:

Sangat cepat dan akurat, semakin cepat berarti semakin tinggi voltase yang dihasilkan oleh koil sehingga percikan api di busi akan lebih besar dan biru.
Tahan panas dan getaran
Tidak mengalami keausan karena tidak ada busur api dan gerakan secara mekanis.
Jauh lebih bisa diandalkan ketahannya dan realibilitasnya dibandingkan dengan benda mekanis.
Bisa dipasangkan di posisi mana saja didalam kendaraan (jauh dari jangkauan banjir).
Tidak diperlukan lagi kondensor 12V DC 0,22-0,27 uF yang pada umumnya merupakan komponen fast moving dan sering membuat masalah.

Kelebihan dari sistem ini adalah tidak adanya kontak fisik dari pemberi sinyal, oleh karenanya tingkat keawetannya juga lebih tinggi.

Beban platina +/- 5 ~ 8A oleh sebab itu gunakan Transistor / Mosfet / IGBT yang mempunyai ampere cukup, transistor Darlington yang bisa digunakan untuk TCI ini adalah type TIP162, BU931, BU941, 2SD2141, 2SD1976, 2SD1071 sedangkan Mosfet yang sering digunakan adalah type IRFP460, IRF510, IRF740, IRF840 dan untuk IGBT bisa memakai FGA25N120, MGP15N40CL, BUP213, FGL40N120  dan masih banyak lagi

Manfaat :
1. Platina jauh lebih awet karena tidak ada titik kontak dengan busur api
2. Pengapian lebih besar
3. Anda bisa pakai platina bekas sekalipun
4. Anda bisa membuang kondensor asli

Bagi yang senang kutak kutik elektronik berikut adalah skema TCI dengan menggunakan Mosfet




Skema MCI ( Mosfet Control Ignition)






dan berikut cara pemasangannya




Saya sudah mencoba di Kijang super , Jimnny , Corola DX , Suzuki Carry 1000 (Angkot) , Daihatsu Hijet 1000, Zebra dan Charade dan semua berjalan dengan baik.

Sebagian Kendaraan yang sudah Menggunakan TCI IRFP460

Toyota Kijang Super
Daihatsu Hijet 1000
Toyota DX

Suzuki Jimny




































Daihatsu Classy


TCI menggunakan Transistor High Voltase Yg terpasang di beberapa kendaraan

































Skema TCI Transistor HOT klik : TCI High Voltase

SELAMAT MENCOBA


Bagi yang tidak tahu dan tidak mengerti rangkaian elektronika dan yang tidak mau ribet saya sediakan modul jadi yang sudah saya buat , alat ini cocok untuk kendaraan apa saja yang masih menggunakan system pengapian Platina

ORDER WA : 0821 1287 5678  - - - - -  PIN BBM : D579A499

Bagi yang berdomisili JABODETABEK bisa langsung datang dan ongkos pasang gratis

UP DATE

TCI Mosfet Transistor HOT
Sebelum lebaran kutak kutik coba coba skema rangkaian baru yakni menyusun mosfet dan Horizontal Output Transistor dengan metoda darlington, susunan Darlington biasanya terdiri dari 2 buah transistor tapi kali ini saya coba-coba dan ternyata berhasil baik, ide muncul dari kelebihan mosfet yg high speed switching dan Horizontal Output Transistor high voltase yang kuat kemudian digabungkan menjadi satu, saat uji coba Bogor - Madiun +/- 770km selama 19 jam perjalanan dengan kondisi jalan dan kecepatan yang bervariasi mulai bermacet ria sampai coba tol cipali hingga 120km/jam, hasil uji berjalan lancar dg hasil yang sangat memuaskan.

Jadi jika teman teman punya TCI dengan mosfet (IRFP460) sebagai final tinggal di modif sedikit untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan ...

Berikut Skema lengkapnya
















Dan berikut penampakan Modulnya



















Jika teman teman ingin mencoba mengganti platina dengan berbagai jenis pulser berikut skema lengkapnya




Oke teman teman 

*** SELAMAT MENCOBA ***


Bagi teman teman yang ingin merasakan langsung tanpa repot nyari part dan nyolder, saya sediakan modul yang sudah jadi , Harga 150.000 belum termasuk ongkir .....



TCI HI-VOLT siap Pakai harga 150.000 belum ongkir

WA : 0821 1287 5678 PIN BBM : D579A499


Tersedia TCI Komponen KIT




TCI HI-VOLT KIT rakit sendiri Harga 100.000 belum termasuk ongkir



Tersedia TCI Terbaru yang lebih Handal 
TCI POWERMAXX Dobelpower modul sudah jadi harga 175.000

Tampak bawah TCI POWERMAXX Dobel Power


Menggunakan 2bh Transistor Final merk Toshiba
Saya sudah mencoba di Toyota Kijang doyok / super / kapsul  , Suzuki Jimnny , Vitara , Toyota Corolla , Suzuki Carry 1000 , Daihatsu Hijet 1000, Zebra , Charade , Peugeot 505 , Toyota starlet , Fiat 124 , Lanlover , Toyota Hardtop , Daihatsu Felomax , Honda Life , VW kodok / Combi dan semua berjalan dengan baik.


ORDER WA : 0821 1287 5678  - - - - -  PIN BBM : D579A499

JNE:  
                                                                 Masukkan no resi yg kami berikan