Monday, March 28, 2016

MCI Q-Power = Mosfet Control Ignition QUAD - Power

Ada banyak pertanyaan yang masuk : "apa beda MCI dan TCI "
Sebenarnya keduanya sama saja , yakni IGNITER yang membedakan keduanya adalah komponen aktif-nya saja
MCI menggunakan komponen aktif transistor jenis FET atau sering disebut MOSFET ,
TCI menggunakan komponen aktif transistor biasa atau bipolar

akan tetapi MCI yang banyak beredar di pasaran banyak yang mengunakan driver BD140 atau TIP42 yang nota bene adalah transistor bipolar.
Pemasangan MCI Kabel kondensor wajib dilepas ( tidak seperti TCI yang tidak terpengaruh dg kondensor baik lepas atau tidak )

Buat yang hobby elektronika :
Kali ini saya akan sajikan skema MCI yang mengunakan full mosfet artinya baik driver maupun final mengunakan transistor berjenis FET atau MOSFET

MCI HIVolt  600V 60A
Disamping ini adalah contoh MCI yang saya buat, tetapi seperti keluhan rekan rekan bahwa jika mosfet panas berlebih maka kendaraan akan cenderung "MREBET" oleh karena itu perlu mosfet berdaya tinggi seperti misal IXFK80N60P3 atau IXGH50N60A untuk meminimalisir panas tersebut.
Disamping keluhan panas berlebih yang menyebabkan box plastik hingga meleleh , MCI juga tidak cocok untuk mobil dg RPM , karena RPM biasanya jadi ajrut2an atau tidak mulus lagi ,... ( biasanya pada Optional RPM dan beberapa kendaraan tertentu )

mosfet yang berdaya cukup besar tapi berbentuk kecil yang bisa dipilih antara lain IRFPS59N60C, IXFK80N60P3 atau IXGH50N60A mosfet ini cukup besar yakni 600V 59A hingga 80A

timbul lagi pertanyaan mosfet berdaya tinggi susah dicari,...
solusinya adalah mosfet di paralel, bagaimana cara memparalel mosfet untuk membuat MCI ,..

Berikut skema yang saya buat , skema disini sengaja saya buat paralel 4 buah mosfet jika teman teman menghendaki bisa memparalel hanya 2 atau 3 mosfet saja sesuai kebutuhan atau sesuai part mosfet yang didapat , misal mosfet yang didapat hanya berdaya 8A ( IRF840) ,.. teman teman bisa memparalel 4 buah, kalau yang didapat mosfet berdaya cukup besar bisa memparalel cukup 2 saja terserah sesuai selera,..
saya sendiri membuat paralel 2 buah mengunakan IRFP460 & W16NA60

MCI Maxx-2 menggunakan 2 buah final mosfet

MCI Maxx-2 menggunakan W16NA60




















Berikut Skema nya



























OK teman teman Selamat Mencoba
Semoga Bermanfaat
SURYA TCI
WA : 0821-1287-5678
ORDER WA : 0821 1287 5678  - - - - -  PIN BBM : D579A499
TERSEDIA TCI POWERMAXX KIT









TERSEDIA KIT SET RAKIT SENDIRI
TCI POWERMAXX Dual Power
Menggunakan 2 buah Final Power Toshiba
Harga 140.000 / set
(termasuk box dan Heatsink)
Rp. 175.000 ( Siap Pakai )
ORDER :
WA : 0821-1287-5678
BBM : D579A499



ORDER :
WA : 0821-1287-5678
BBM : D579A499























Facebook

UP DATE

TCI Q-Maxx 

Buat temen temen yang senang dengan TCI ( final mnggunakan Transistor ) Berikut skema TCI Q-Maxx , menggunakan 4 buah Final Transistor type 2SC5570 , TCI ini cocok disandingkan dengan Coil Racing 90.000V
Berikut Skema lengkapnya :






Selamat Mencoba,..

Order WA / SMS 0821-1287-5678

8 comments:

  1. bang di rangkaian MCI ada simbol kapasitor yg di ground kan itu simbol kondensor bawaan mobil nya?

    ReplyDelete
  2. Permisi ...saya mo coba bang...gpp..tapi g beli..hy copy skemanya...mohon ijin..trimakasih

    ReplyDelete
  3. Kang saya bikin seperti skema tp mosfetnya selalu kebakar klo platina terlalu lama nempel mohon pencerahan

    ReplyDelete
  4. Izin mencoba gan.. btw saya ada beberapa pertanyaan..

    1. Jika saya menggunakan mosfet hexfet high power, IRFPS3810 yang berdaya sekitaran 400W (pada datasheet). Apakah saya bisa cuma pakai 1?

    2. Kalo input saya tanpa platina (stock engine bawaan Toyota nya udh gitu), sepertinya Variable Reluctant sensor (VR sensor) atau Inductive pickup.. apakah ini akan berfungsi? Atau saya kasih Optocoupler/mosfet driver untuk di drive oleh arduino apakah berfungsi?

    3. Saya pakai Autodesk EAGLE, untuk jalur dari output ke coil ketebalan 35-40 mil apakah sudah cukup tebal?


    Btw, model mesin/spek saya sbg berikut:
    2.0L N/A Toyota 1G-E inline-6 1988cc. Default sudah tanpa CDI dan menggunakan TCI secara bawaann tapi udh kolot dan kalo panas dia langsung theemal cutoff.. mobilnya 1988 Toyota Cressida GX71.

    ReplyDelete